67.855 Peserta Daftar PPDB SMA/SMK Negeri Riau

MI, Pekanbaru РPelaksanaan PPDB Online atau Daring Jenjang SMA dan SMK Negeri Provinsi Riau tahun 2024 sudah memasuki hari kedua fase pendaftaran.

Di mana mulai 24- 29 Juni 2024 calon peserta didik baru melakukan pemilihan sekolah untuk Jenjang SMA Negeri dan pemilihan sekolah sekaligus pemilihan kompetensi keahlian untuk jenjang SMK Negeri. Sekaligus, tim verifikasi dan validasi di satuan pendidikan melakukan pemeriksaan terhadap dokumen persyaratan yang sudah di upload calon peserta didik baru.

“Berdasarkan pantauan pelaksanaan secara keseluruhan kegiatan pendaftaran berjalan dengan lancar tanpa kendala berarti,” kata Plt Kepala Dinas Pendidikan Riau, Roni Rakhmat, Selasa (25/6).

Roni mengatakan, pada layanan pengaduan PPDB Online memang ada masyarakat yang bertanya tentang kendala tertentu, antara lain bagi yang memiliki Kartu Keluarga (KK) di luar Kota Pekanbaru, sementara mereka bermaksud mendaftar di sekolah di Kota Pekanbaru,

“Kalau seperti ini maka admin layanan pengaduan PPDB Online¬†memberikan jawaban bahwa sesuai Juknis PPDB, untuk yang memiliki KK yang berbeda dengan lokasi sekolah hanya bisa melakukan pendaftaran pada jalur pindah orang tua dengan melampirkan dokumen surat keputusan pindah tugas orang tua,” sebutnya.

“Sedangkan untuk jalur Zonasi, Afirmasi dan Prestasi hanya di perbolehkan bagi yang memiliki Kartu Keluarga kabupaten dan kota yang sama dengan alamat sekolah yang dipilih,” tambahnya.

Roni menyebut, jika minat calon peserta didik baru untuk masuk ke sekolah negeri masih tinggi. Hal itu dapat dilihat pada data yang masuk di sistem PPDB Online pada tanggal 25 Juni 2024.

“Sampai pukul 18.00 WIB, calon peserta didik yang sudah melakukan proses Pra Pendaftaran sebanyak 75.965 orang. Sedangkan yang sudah melakukan pemilihan sekolah (Pendaftaran) sebanyak 67.855 orang, dengan rincian 45.523 orang memilih jenjang SMA Negeri dan 22.332 orang memilih jenjang SMK Negeri,” terangnya.

“Dari 75.965 calon siswa tersebut, sebanyak 41.888 orang sudah selesai di verifikasi dokumen pendaftarannya. Kemudian yang sedang dalam proses verifikasi sebanyak 7.960 orang, dan yang belum diverifikasi sebanyak 17.973 orang,” tandasnya.

"Selamat Datang di MUTIARA INDONESIA , Berita akurat fakta dan terdepan"

Scroll to Top