Ini Sejumlah Masalah Warga Sungai BeringinĀ  Disampaikan Saat Jumat Curhat Polres Inhu

Rengat, Mutiara-Indonesia.com – Berbagai permasalahan yang terjadi di tengah-tengah masyarakat Desa Sungai Beringin, Kecamatan Rengat disampaikan beberapa orang perwakilan masyarakat kepada Polres Indragiri Hulu (Inhu), Polda Riau saat kegiatan Jumat Curi Hati Masyarakat (Jumat Curhat), Polres Inhu.

Jumat Curhat pekan ini dilaksanakan di kantor Desa Sungai Beringin, Jumat 1 September 2023 pagi yang dipimpin Kapolres Inhu, AKBP Dody Wirawijaya diwakili Kasat Samapta Polres Inhu, AKP Martius Ashairi. Diikuti perangkat desa, tokoh masyarakat dan perwakilan masyarakat Sungai Beringin.

Terkait kegiatan ini, Kapolres Inhu melalui PS Kasubsi Penmas Polres Inhu, Aipda Misran, Jumat siang menjelaskan, ada beberapa permasalahan yang diadukan masyarakat pada Polres Inhu ketika Jumat Curhat.

Diantaranya, keresahan masyarakat tentang munculnya 7 ekor buaya liar di Sungai Indragiri, bahkan sempat menggigit warga yang sedang mencari ikan, untung saja yang digigit bagian tangan dan warga tersebut selamat.

Masalah lain, mengenai sering ada tamu di rumah warga, namun tidak melapor ke perangkat RT atau perangkat desa, bahkan ada juga pasangan remaja yang bertamu sampai larut malam. Warga juga minta masukan mengenai cara untuk menjaga situasi Kamtibmas yang kondusif menjelang Pemilu 2024 serta masalah lainnya.

Mengenai berbagai masalah masyarakat ini, Kasat Samapta Polres Inhu dan Kasiwas Polres Inhu, AKP Aman Aroni mengatakan, Polres Inhu akan berkoordinasi dengan BKSDA untuk mengambil tindakan atau evakuasi terhadap buaya liar di Sungai Indragiri dan membuat spanduk imbauan untuk berhati-hati pada pinggiran sungai.

Selanjutnya, para tamu dari luar diwajibkan untuk melapor pada RT setempat 1×24 jam, kemudian masing-masing RT membuat banner agar tamu wajib lapor. Tentang kalangan remaja yang bertamu larut malam, warga diminta berkoordinasi dengan RT atau RW setempat, kemudian melaporkan pada polisi RW atau Bhabinkamtibmas.

Untuk menciptakan situasi Kamtibmas yang aman dan kondusif menjelang Pemilu 2024, masyarakat diminta mengaktifkan kembali pos Siskamling dan mengatur jadwal ronda terhadap warga. Selain itu, jangan mudah terprovokasi oleh berbagai isu baik di lingkungan tempat tinggal maupun di media sosial yang dapat menganggu Kamtibmas.

Hadir juga saat kegiatan itu, Kanit Bhabinkamtibmas Polres Inhu, Iptu M. Didis, Kasikum Polres Inhu, Ipda Hendri Ahmad dan sejumlah personel Polres Inhu.

"Selamat Datang di MUTIARA INDONESIA , Berita akurat fakta dan terdepan"

Scroll to Top