May Day di Kuansing Diisi Dialog Antara Pelaku Usaha dan Serikat Buruh

MI, Teluk Kuantan РPeringatan May Day atau Hari Buruh Internasional 2024 di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing) diisi dengan kegiatan Audiensi bersama Pelaku Usaha dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh Se- Kabupaten Kuantan Singingi  di Taman Jalur Teluk Kuantan, Rabu (1/5). 

Bupati Kuansing, Suhardiman Amby  menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya peringatan May Day yang berbeda dengan daerah lain. Menurutnya, kegiatan May Day tersebut bisa jadi contoh untuk wilayah lainnya.

‚ÄúLuar biasa, kegiatan May Day tanpa ada demo-demo. Kita justru berkumpul bersama dengan para pekerja untuk beraudiensi dan berdialog. Ini hal yang bagus, semoga bisa menjadi contoh untuk wilayah lainnya,‚ÄĚ ucap Bupati.

Lebih lanjut Ia menyampaikan bahwa, peringatan Hari Buruh merupakan momentum kebersamaan para Pelaku Usaha dan Serikat Pekerja/Serikat Buruh untuk saling mendukung, membangun sinergitas dunia kerja yang sehat dan profesional. Pihaknya siap untuk membuka diri menerima masukan dan usulan dari para pekerja dan pengusaha dalam mengambil kebijakan terkait dunia kerja.

‚ÄúPengusaha harus memberikan kesempatan bagi pekerja untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuannya. Sementara itu, Pemkab Kuansing akan memperluas kesempatan pelatihan bagi pekerja dalam peningkatan kompetensi, karena salah satu visi kita adalah untuk meningkatkan keterampilan buruh yang berkompeten,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Konsulat Cabang Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSPMI) Kuantan Singingi, Jhon Hendri menyampaikan, peringatan May Day diharapkan dapat meningkatkan hubungan indrustrial yang harmonis, sehingga semua pihak dapat berperan serta mendorong terciptanya pertumbuhan ekonomi.

Jhon Hendri mengucapkan terima kasih atas dukungan Pemkab Kuansing dalam penyelenggaraan kegiatan pada acara May Day kali ini. Ditambah lagi dengan adanya kegiatan Donor Daerah yang difasilitasi oleh Dokkes Polres Kuansing, ada juga pemberian santunan JKM dan pemberian sembako.

“Memang kegiatan ini baru pertama kali kami laksanakan untuk memperingati May Day sekaligus menyampaikan aspirasi, karena masih banyak hak-hak buruh yang perlu menjadi perhatian Pemkab Kuansing, contohnya jaminan keselamatan kerja bagi pekerja non perusahaan yang masih banyak belum mendapatkan haknya.

Jhon hendri juga meminta momentum peringatan Hari Buruh dapat dimanfaatkan untuk saling memperkuat persatuan dan kesatuan, baik itu pekerja, pengusaha, dengan pemerintah.

Dihadiri juga oleh Waka II DPRD Kuansing Juprizal, Kapolres Kuansing AKBP Pangucap Priyo Soegito, Pj Sekda Kuansing Fahdiansyah beserta sejumlah Kepala Perangkat Daerah dan perwakilan buruh dari beberapa perusahaan.

"Selamat Datang di MUTIARA INDONESIA , Berita akurat fakta dan terdepan"

Scroll to Top