Musrenbang Singingi Hilir, Bupati Minta Dinas Pariwisata Respon Aspirasi Pemangku Adat

MI, Kuansing РBupati Kuantan Singingi Suhardiman Amby meminta Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kuansing untuk mencatat usulan para Pemangku Adat, terutama terkait pembangunan Balai Adat di Kecamatan Singingi Hilir. 

Hal itu ditegaskan Bupati Suhardiman saat membuka Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang) dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Kabupaten Kuansing tahun anggaran 2024 di Halaman Kantor Camat Singingi Hilir, Senin (15/01) pagi.

Bupati Suhardiman Amby mengatakan dalam regulasi pengelolaan perangkat adat dan pemangku adat, ada empat Perbup yang mengatur dalam kelembagaan, dengan tujuan setiap kegiatan berjalan dengan baik sehingga dapat meningkatkan kelembagaan adat, tata kelola, Limbago Adat Nafori serta keuangan.

Disamping Suhardiman juga menambahkan bahwa setiap aspirasi dan masukan keinginan berkembang akan diakomodir, usulan yang direalisasikan adalah berskala prioritas. Jadi, usulan yang disampaikan pemangku adat tidak dapat dipenuhi secara keseluruhan.‚ÄúTetapi kami tetap memprioritaskan hal yang sifatnya sangat dibutuhkan masyarakat. Semoga di tahun ini, apa yang diharapkan pemangku adat dapat kita realisasikan,‚ÄĚ sambungnya.

Musrenbang tersebut berlangsung dengan dialog antar masyarakat dengan Bupati dan sejumlah Datuk dan Tokoh Adat, yang memaparkan kebutuhan prioritas yang telah diusulkan untuk pembangunan tahun 2024.

“Seperti balai adat dan kesejahteraan Para Datuk dan pemangku Adat, karna mengingat Singingi Hilir merupakan daerah perbatasan dengan Kabupaten Kampar, tentu segala musyawarah, seperti tanah ulayat, tokoh adat sangat berperan penting dalam menyelesaikan masalah adat tersebut, ungkap Datuk Bandaro

Lebih lanjut, Datuk Bandaro juga mengapresiasi kinerja Bupati Suhardiman Amby. Ia mengatakan Suhardiman Amby yang akrab disapa dengan Datuk Panglimo Dalam itu, satu- satunya Kepala Daerah yang menganggarkan operational Pemangku Adat ke APBD Kuansing.

“Untuk itu patut kita lanjutkan kembali tahun 2024 dalam pembangunan yang maju dan berkelanjutan,” pungkasnya.

"Selamat Datang di MUTIARA INDONESIA , Berita akurat fakta dan terdepan"

Scroll to Top