Pemkab Inhu Gelar Lomba Masak Serba Ikan

MI, Rengat РPemerintah  Kabupaten (Pemkab) Indragiri Hulu (Inhu) melalui Dinas Pertanian dan Perikanan bekerjasama dengan Tim Penggerak PKK Kabupaten Inhu  menggelar sosialisasi Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) dan kegiatan Lomba Masak Serba Ikan tingkat Kabupaten Inhu. 

Acara yang digelar di Dinas Pertanian dan Perikanan, Rabu (20/9) ini mengusung tema “Masakan Ikan untuk Mengatasi Stunting, Menyehatkan dan Mencerdaskan”.

Acara berlangsung meriah dengan rangkaian kegiatan diantaranya lomba masak ikan menu keluarga dan display menu masakan ikan dengan kategori menu balita, menu kudapan dan menu keluarga.

Hadir dalam kegiatan ini mewakili Bupati Indragiri Hulu Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan dan Kesra, Evy Irma Junita serta beberapa pejabat di lingkup Pemkab Inhu dan para undangan dari BKMT, Dharma Wanita, Persit dan Bhayangkari. Peserta Lomba terdiri dari PKK Kecamatan se-Kabupaten Inhu.

Dalam pidato Bupati, Evi Irma Junita mengungkapkan bahwa pendataan SSGI yang dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan tahun 2022, tingkat prevalensi stunting di Kabupaten Inhu sebesar 16,7 persen,  sementara target akhir tahun 2024 harus dibawah 14 persen. Hal tersebut perlu diupayakan bersama dan diperlukan satu kesatuan yang terintegrasi antara pemerintah bersama elemen masyarakat lainnya.

“Dengan penyelenggaraan kegiatan ini diharapkan mampu memotivasi sekaligus menjadi wahana edukatif bagi para ibu-ibu baik peserta maupun pengunjung tentang menu olahan ikan yang inovatif baik dari segi rasa maupun tampilan serta yang terpenting adalah memenuhi standar angka kecukupan gizi,” katanya.

Senada, Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Hj. Risma Agustina Junaidi berharap kegiatan ini bisa memberikan manfaat ibu-ibu Kader PKK Kabupaten, PKK Kecamatan, PKK Desa/Kelurahan serta mampu memvariasikan dan membuat menu-menu baru serba ikan sehingga dapat membuat hidangan untuk keluarga.

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan, Dedi Dianto menyampaikan bahwa pemenang pada lomba tersebut akan diikutkan pada perlombaan tingkat provinsi dan berharap perwakilan bisa memberikan hasil yang terbaik.

Kegiatan ditutup dengan pengumuman hasil lomba dan  juara umum diraih oleh Kecamatan Pasir Penyu.

"Selamat Datang di MUTIARA INDONESIA , Berita akurat fakta dan terdepan"

Scroll to Top