Presiden Jokowi Kunjungan Kerja ke Bengkulu

Bengkulu, Mutiara-Indonesia.Com – Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana bertolak menuju Provinsi Bengkulu guna melakukan kunjungan kerja pada Rabu, 19 Juli 2023. Dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, Presiden Jokowi dan rombongan lepas landas sekitar pukul 14.00 WIB.

Setibanya di Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Kota Bengkulu sekira pukul 15.15 WIB, Presiden Jokowi disambut oleh Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah beserta istri, Pangdam II/Sriwijaya Mayjen TNI Hilman Hadi beserta istri, dan Kapolda Bengkulu Irjen Pol. Armed Wijaya beserta istri.

Dari bandara, Presiden Jokowi akan menuju hotel tempatnya bermalam di Kota Bengkulu dan melanjutkan agenda kunjungan kerja esok hari. Presiden Jokowi antara lain dijadwalkan untuk meresmikan Jalan Tol Bengkulu-Taba Penanjung.

Turut mendampingi Presiden Jokowi dalam penerbangan menuju Provinsi Bengkulu yaitu Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Sekretaris Militer Presiden Laksda TNI Hersan, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Rafael Granada Baay. (Rls-Bengkulu, 19 Juli 2023).

Masyarakat Bengkulu Tunggu Presiden RI

Masyarakat Bengkulu sudah lama menanti kedatangan Presiden RI Joko Widodo, penantian panjang akhirnya terwujud. Sesuai rencana, roundown kegiatan kunjungan Presiden Jokowi di Bengkulu ini, sudah ditetapkan.

Awalnya dengan tujuan utama meresmikan Tol Bengkulu – Taba Penanjung, kunjungan Presiden Jokowi di Bengkulu ini dijadwalkan mulai Selasa 18 Juli 2023, namun ditunda.

Akhirnya, Pemerintah Provinsi Bengkulu kembali menggelar rapat pemantapan penyambutan kunjungan Presiden Jokowi ke Bengkulu ini. Rapat ini dilaksanakan langsung melibatkan sejumlah staf kepresidenan.

Penutupan rapat pemantapan ini, jadwal kunjungan RI 1 ini kemudian mulai beredar dan tersebar luas bahwa rencana kunjungan Presiden Jokowi di Bengkulu ini dimulai besok, Rabu 19 Juli 2023.

Adapun rangkaian kunjungan kerja Presiden dilakukan di lima wilayah yaitu Kota Bengkulu, Kabupaten Bengkulu Tengah, Kabupaten Kepahiang, Kabupaten Seluma dan Kabupaten Bengkulu Utara.

Presiden RI Resmikan Jalan Tol Bengkulu

Presiden Joko Widodo didampingi Ibu Iriana Joko Widodo meresmikan jalan tol ruas Bengkulu-Taba Penanjung pada Kamis, 20 Juli 2023, di Gerbang Tol Bengkulu-Taba Penanjung, Kota Bengkulu, Provinsi Bengkulu.

Presiden menilai dengan beroperasinya ruas tol tersebut dapat menciptakan titik pertumbuhan ekonomi baru.

“Alhamdulillah pada pagi hari ini jalan tol ruas Bengkulu-Taba Penanjung akan beroperasi dan ini akan menunjang mobilitas logistik, mobilitas orang, dan akan memunculkan titik-titik pertumbuhan ekonomi baru,” kata Presiden RI dalam sambutannya.

Ruas jalan tol yang telah rampung sepanjang 16,7 kilometer tersebut dibangun dengan nilai konstruksi mencapai Rp4,8 triliun dan merupakan bagian dari jalan tol Bengkulu-Curup-Lubuk linggau.

Jalan tol ini juga merupakan bagian dari koridor pendukung jalan tol trans Sumatra yang menghubungkan antara Provinsi Bengkulu dan Provinsi Sumatra Selatan.

Kepala Negara pun berharap dengan beroperasinya jalan tol ruas Bengkulu-Taba Penanjung ini dapat mempercepat pertumbuhan ekonomi di Bengkulu. Selain itu, Presiden juga meyakini bahwa jalan tol tersebut mampu meningkatkan kesejahteraan masyarakat sekitar.

Turut mendampingi Presiden dan Ibu Iriana dalam peresmian tersebut yakni Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah, dan Wali Kota Bengkulu Helmi Hasan.

Presiden RI di Bengkulu Tengah

Presiden Joko Widodo dan Ibu Iriana Joko Widodo mengawali kegiatan kunjungan kerja hari kedua di Provinsi Bengkulu dengan meninjau aktivitas belajar mengajar di SMK Negeri 2 Bengkulu Tengah, Kabupaten Bengkulu Tengah, pada Kamis, 20 Juli 2023.

Dalam keterangannya usai peninjauan, Presiden mengatakan bahwa para siswa SMK dipersiapkan agar keahliannya sesuai dengan yang dibutuhkan oleh industri.

Presiden juga menegaskan perlunya membangun koneksi yang baik antara sekolah dengan industri. Hal ini dimaksudkan agar keterampilan para siswa di sekolah sejalan dengan pemenuhan kebutuhan industri.

Pada peninjauan tersebut, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana melihat aktivitas pembelajaran yang sedang berlangsung di jurusan teknik sepeda motor (TSM) dan Teknik Kendaraan Ringan (TKR).

Presiden RI di Kepahiang

Sebelum acara peresmian jalan tol, Presiden Jokowi akan terlebih dahulu meninjau SMK Negeri 2 Kabupaten Bengkulu Tengah, sebagaimana dikutip dari keterangan Biro Pers Sekretariat Presiden diterima di Jakarta.

Setelah meresmikan jalan tol Bengkulu-Taba Penanjung, Presiden diagendakan untuk membagikan sejumlah bantuan sosial bagi para pedagang di Pasar Kepahiang, Kabupaten Kepahiang, Bengkulu. Lalu,, Presiden akan menuju Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kepahiang untuk meninjau fasilitas program BPJS dan perawatan TBC atau Tuberkolosis.

Ada sejumlah agenda besar Presiden RI Joko Widodo di Kota Kepahiang, kota yang terkenal dengan berpenghasilan kopi, tanah yang subur dan pembangunan yang melejit tinggi.

Kota Kepahiang yang terkenal dengan beragam ras, suku dan budaya, kota wisata yang bunga Raflessia dan Perkebunan Teh, Air Terjun dan Objek Wisata lainnya menjadi tujuan wisatawan nasional.

Adapun agenda Presiden RI di Kepahiang adalah, meninjau RSUD Kepahiang pada Kamis, 20 Juli 2023.

Presiden Jokowi mengapresiasi fasilitas serta jumlah tenaga kesehatan yang dimiliki oleh RSUD Kepahiang yang dinilai sudah bagus, utamanya jumlah dokter spesialis yang dimiliki saat ini sudah mencukupi.

Presiden RI di Bengkulu Utara

Setelah dari Kota Kepahiang, Pada Kamis siang, Presiden Jokowi meninjau SMK Negeri 1 Kota Bengkulu dan peninjauan Pasar Minggu, Kota Bengkulu.

Selanjutnya, hari ketiga di Bengkulu, Presiden Joko Widodo beserta Ibu Iriana Joko Widodo melakukan sejumlah agenda pada, Jumat, 21 Juli 2023.

Presiden Jokowi mengunjungi Pasar Purwodadi di Kabupaten Bengkulu Utara meninjau rancangan revitalisasi pasar sekaligus menyerahkan sejumlah bantuan sosial bagi pedagang.

Selanjutnya, Kepala Negara beranjak menuju Desa Gardu, Kabupaten Bengkulu Utara, untuk meninjau Jalan Inpres Jalur Kerkap-Tanjung Agung Pali.

Pada siang harinya, Presiden Jokowi menunaikan salat Jumat di salah satu masjid di Kota Bengkulu.

Presiden RI DI BENGKULU SELATAN

Presiden Joko Widodo bertolak ke Bengkulu Selatan untuk meninjau sektor-sektor strategis seperti infrastruktur, kesehatan, perekonomian  dan pendidikan.

Bupati Gusnan Mulyadi mengatakan, Presiden RI Joko Widodo meninjau Jalan Simpang Kayu Kunyit-Air Nipis, Pasar Ampera, Sekolah SMK 1 Bengkulu Selatan, Rumah Sakit Hasanuddin Damrah, Puskesmas Kayu Kunyit dan Posyandu Desa Lubuk Sirih Ilir.

Setelah seluruh rangkaian acara selesai, Presiden Jokowi dan Ibu Iriana akan menuju Bandar Udara Fatmawati Soekarno, Kota Bengkulu, untuk kemudian lepas landas menuju Jakarta dengan menggunakan pesawat kepresidenan Indonesia.

(Tim : Andes, Denhar, Intan, Bambang).

"Selamat Datang di MUTIARA INDONESIA , Berita akurat fakta dan terdepan"

Scroll to Top