Sekda Riau Buka FPJ Kuansing 2023

Kuansing – Mutiara-indoneaia.com – Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Provinsi Riau, SF Hariyanto membuka Festival Pacu Jalur Tradisional (FPJ-T) 2023 di Lapangan Limuno Kota Taluk Kuantan Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Rabu (23/8) pagi.

“Mari kita sukseskan event olah raga ini, salah satu kebanggaan masyarakat Kuansing, Riau dan Indonesia,” katanya di Teluk Kuantan.

FPJ digelar di Tepian Narosa ini akan berlangsung selama lima hari (23-27 Agustus 2023) yang diikuti oleh 193 jalur, baik dari Kabupaten Kuansing maupun jalur dari kabupaten lain yang ada di Riau.

Tahun ini, Festival Pacu Jalur Tradisional mengambil tema “Sarontak Bakayuah Nagori Bermarwah”. Yang memiliki makna, bahwa dengan mendayung bersama, apa yang dicita-citakan dalam rangka mewujudkan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kuansing dapat dicapai.

Sekdaprov Riau berharap pergelaran FPJ 2023 di Kota Jalur dapat berjalan lancar dan sukses, sehingga bisa memberikan dampak positif bagi daerah dan masyarakat Kuansing, terutama dalam pertumbuhan ekonomi.

“Bismillahirrahmanirrahim, Festival Pacu Jalur Tradisional 2023 dinyatakan resmi dibuka,” sebutnya.

Tentunya, dengan harapan event pacu jalur dapat berjalan aman, lancar, sukses, dan bisa meningkatkan pendapatan para pengusaha kecil di Kuansing.

Sementara itu, Bupati Kuantan Singingi (Kuansing), Suhardiman Amby menjelaskan bahwa pacu jalur merupakan budaya masyarakat yang dilestarikan secara turun temurun.

Festival seni dan budaya ini menjadi tontonan yang menarik dan sangat ditunggu oleh masyarakat.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua pihak, undangan yang hadir di Kuansing,” katanya.

Apresiasi tinggi – tingginya kepada semua pihak yang sudah berperan aktif mensukseskan FPJ ini. Teristimewa kepada kepada Pemerintah Pusat yakni Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Pemprov Riau, dan stakeholders atas dukungannya dalam mensukseskan budaya masyarakat Kuansing yang hingga hari ini sukses digelar.

Kuansing merupakan daerah yang menjunjung tinggi adat istiadat. Pacu jalur akan membawa dampak positif bagi ekonomi masyarakat di Kuansing. *

"Selamat Datang di MUTIARA INDONESIA , Berita akurat fakta dan terdepan"

Scroll to Top